Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Bahaya Memakan Harta Haram

Bahaya Memakan Harta Haram

Bahaya Memakan Harta Haram

Ayah Bunda, harta serta makanan yang berasal dari harta haram akan berdampak pada anak-anak serta keluarga besar kita. Untuk itu baiknya kita menjaga kehalalan harta dan makanan kita. Ini adalah dahsyatnya bahaya memakan harta haram.
 
Oleh
Syaikh Shalih bin Muhammad Alu Thalib
 
Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan rasa suka dan cinta terhadap harta sebagai cobaan dan ujian. Karena, Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dzat yang Maha Agung yang telah menetapkan ketuhanan dan keesaan-Nya dalam ayat-ayat Al Quran kemudian juga mengingatkan bahwa Dialah satu-satunya yang mengatur hukum halal dan haram, satu-satunya Pencipta dan Pemberi rezeki, yang berhak mengatur kehidupan dunia ini. Jadi hak untuk menetapan hukum halal dan haram hanyalah milik-Nya semata.
 
“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” - Al-Baqarah: 168
 
“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya”- Al-Maidah: 88
 
Halalan thayyiban dalam ayat di atas sesuatu yang dihalakan bagi kalian dan bukan diperoleh dengan cara yang diharamkan, seperti merampas, merampok, mencuri, riba, risywah atau sogokan, korupsi, penipuan dan berbagai macam mu’âmalah haram lain.
 
Thayyiban maksudnya tidak al-khabits, yakni tidak kotor atau najis, seperti bangkai, daging babi atau anjing, minuman keras dan yang sejenisnya.
 
Orang-orang yang memiliki harta halal dan mata pencaharian yang halal adalah orang-orang yang paling selamat agamanya, paling tenang hati dan pikirannya, paling lapang dadanya, paling sukses kehidupannya. Kehormatan dan harga diri mereka bersih dan terjaga, rezeki mereka penuh berkah dan citra mereka dimasyarakat selalu indah.
 
Mencari harta halal dengan cara yang halal adalah sifat mulia yang telah dicerminkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya. Mereka, para assalafus shalih juga selalu saling mengingatkan untuk berhati-hati dalam masalah makanan, minuman dan mata pencaharian.
 
Dari Abi Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barangsiapa mengkonsumsi sesuatu yang baik, melaksanakan sunnah dan masyarakat sekitarnya tidak terganggu dengan keburukannya, maka dia masuk surga”- HR. Tirmidzi
 
Imam Ahmad dan lainnya meriwayatkan, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Ada empat hal, bila keempatnya ada pada dirimu, maka segala urusan dunia yang luput darimu tidak akan membahayakanmu : menjaga amanah, berkata benar, akhlak baik dan menjaga urusan makanan”.
 
Sumber: almanhaj.or.id








Seputar Islam Lainnya
Doa Minta Kaya dan Lunas Hutang Sesuai Sunnah
Doa Minta Kaya dan Lunas Hutang Sesuai Sunnah

Ayah Bunda, beberapa do’a berikut bisa diamalkan dan bermanfaat. Berisi permintaan kaya dan lepas dari utang. Namun tentu saja kaya yang penuh berkah, bukan sekedar perbanyak harta. Apalagi hakekat kaya adalah diri yang selalu merasa cukup.
7 Penangkal Sihir yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW
7 Penangkal Sihir yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW

Allah menciptakan berbagai jenis makhluk, ada yang nyata dan ghaib. Kita tidak bisa memungkiri bahwa adanya alam ghaib di dunia ini. Tidak boleh juga seorang Muslim meminta bantuan kepada makhluk gaib. Biasanya manusia meminta bantuan dalam hal santet, pengen kaya, penyembuhan berbagai penyakit, dan lain lain. Untuk mencegah sihir-sihir, ini yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam:
9 Cara Menghindari Padepokan Dukun yang Berbalut Islami
9 Cara Menghindari Padepokan Dukun yang Berbalut Islami

Ayah Bunda, menurut Ustadz Arifin Ilham ada 9 ciri untuk mengetahui apakah seseorang yang mengaku ustadz, habib, atau ulama, merupakan dukun atau bukan. Hal ini juga perlu kita ketahui agar Ayah Bunda lebih nyaman dalam mempelajari agama Islam kepada ustadz atau guru.
6 Sunnah Hari Raya
6 Sunnah Hari Raya

Ayah Bunda, sebentar lagi kita akan mengahadapi Hari Raya Idul Adha. Setelah membahas mengenai adab-adab di Hari Raya Idul Adha, kini kita akan mengulas mengenai sunnah-sunnah di hari raya. Seperti apa ya sunnahnya?
Produk Pilihan
Rekomendasi Blog
3 Amalan Ringan yang Mampu Menghapus Dosa
Rabu, 15 Maret 2017 09:58 WIB

Manusia setiap hari membuat dosa dan kesalahan, yang jika terus menumpuk akan merusak jiwanya. Akan tetapi Allah subhanahu wa ta’ala dengan kasih sayang-Nya, telah memberikan jalan bagi kita untuk memperbaiki diri kita di hadapan-Nya, dengan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kita.