Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Minum Obat Penunda Haid Saat Ramadhan, Boleh Kah?

Minum Obat Penunda Haid Saat Ramadhan, Boleh Kah?

Sebagaimana kaum muslimah bertanya perihal hukum meminum obat penunda haid, juga obat-obatan yang dapat mencegah kehamilan. Apakah kaum Muslimah boleh meminumnya, agar mereka dapat mengerjakan ibadah puasa sebulan penuh dan qiyamulail, tidak terputus sehari pun dalam berpuasa atau qiyamulail?

Sebagaimana aktivitas kaum muslimin di sebaik-baik masa (yakni masa Rasulullah SAW) bahwa perempuannya berjalan di atas tradisi fitrah yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka. Persoalan ini telah Allah tetapkan atas kaum perempuan Adam, sebagaimana telah dijelaskan dalam hadist sahih. Mereka dipersilahkan untuk berbuka dan mengqadhanya di hari-hari setelah Ramadhan, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh perempuan-perempuan salafusaleh.

Berkaitan dengan itu, meminum obat-obatan semacam ini tidak dilarang secara syariat, karena memang tidak ada dalil yang melarangnya, selama tidak menimbulkan dampak negatif bagi perempuan.

Karena itu, sebelum mengonsumsi sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter spesialis, kecuali memang sudah biasa melakukannya selama ini. Adapaun perempuan yang masih gadis, tidak sepatutnya mengonsumsi obat-obatan semacam ini.

Para ahli fiqih zaman sekarang berpandangan diperbolehkannya mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menunda haid.

Dalam Dalil Ath-Thalib Syaikh Mar’I menuturkan dari buku Hambali bahwa perempuan diperkenankan meminum obat-obatan yang mubah untuk mendatangkan atau menunda haid. Pensyarah kita ini, penulis kitab Manar As-Sabil, berkata, “karena hukum asal adalah halal, sehingga ada dalil yang mengharamkannya. Sedangkan tidak ada dalil itu disini”

Sumber: Fiqih Puasa – Dr. Yusu Qardhawi
 








Seputar Islam Lainnya
Apakah Benar Malam Nisfu Syaban Adalah Malam Pengampunan Dosa?
Apakah Benar Malam Nisfu Syaban Adalah Malam Pengampunan Dosa?

Ayah Bunda, Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang istimewa. Pada Bulan sya’ban adal malam yang disebut dengan malam nifu syaban. Dimalam ini terdapat malam yang disebut sebagai malam pengampunan dosa. Benarkah? Yuk kita cek hadistnya.
Keberhasilan Keluarga, Keberhasilan Ibu Mengelola Keuangan
Keberhasilan Keluarga, Keberhasilan Ibu Mengelola Keuangan

Alquran menyerukan peranan, hak dan kewajiban ibu dengan sangat luar biasa, seperti di dalam ayat berikut: "Dan Kami memerintahkan kepada manusia supaya ia berbuat baik ke- pada kedua ibu-bapanya, ibunya mengandungkan dia dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah…" (QS. Al Ahqaf (46): 15).
Satu-satunya Wanita Palestina yang Mau Mencari Kehidupan di Laut Lepas
Satu-satunya Wanita Palestina yang Mau Mencari Kehidupan di Laut Lepas

Ayah Bunda, yang sering kita dengar mengenai Palestina adalah pertempuran, pertumpahan darah, dan pembunuhan. Pernahkah Ayah Bunda mendengar perjuangan rakyat untuk bertahan hidup di Negara Palestina? Yuk kita simak! Dunia mungkin tidak mengenal namanya. Namun siapa saja yang pernah mengunjungi pelabuhan Gaza mungkin pernah melihat sosok Madleen Kullab (22). Sebab, ia merupakan satu-satunya nelayan perempuan di sana
5 Balasan Langsung Di Dunia Akibat Memakan Makanan Haram
5 Balasan Langsung Di Dunia Akibat Memakan Makanan Haram

Ayah Bunda, berbagai bentuk makanan tidak halal disajikan di lingkungan kita. Para pedagang yang menjual makanan pun kurang memperhatikan bahan yang diolah, padahal sangat besar efek dari memakan dari jenis panganan haram. Berikut akan diterangkan dampak langsung dan tidak langsung dalam mengkonsumsi makanan haram.
Produk Pilihan
Karakter Anak Islam
Rp 1.480.000

Rekomendasi Blog
Bingung Menceritakan LGBT Pada Anak? Baca Kisah Ini!
Selasa, 04 Juli 2017 10:05 WIB

Ayah Bunda, sudah tau cerita mengenai kaum Sodom? Cerita ini kemas secara menaik dan cocok dibaca oleh anak-anak pada rangkaian buku eksklusif 24 Nabi dan Rasul pada jilid. Mau tau seperti apa kisahnya? Yuk kita simak.