Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
5 Balasan Langsung Di Dunia Akibat Memakan Makanan Haram

5 Balasan Langsung Di Dunia Akibat Memakan Makanan Haram

Ayah Bunda, berbagai bentuk makanan tidak halal disajikan di lingkungan kita. Para pedagang yang menjual makanan pun kurang memperhatikan bahan yang diolah, padahal sangat besar efek dari memakan dari jenis panganan haram. Berikut akan diterangkan dampak langsung dan tidak langsung dalam mengkonsumsi makanan haram.

Dampak Langsung

1.  Tidak Diterima Amalan-nya

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda, "Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari." (HR At-Thabrani).

2.  Tidak Terkabul Doa

Sa'ad bin Abi Waqash bertanya kepada Rasulullan Shallallahu Alaihi Wassallam, "Ya Rasulullah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul." Rasulullah menjawab, "Wahai Sa'ad, perbaikilan makananmu, maka doamu akan terkabulkan." (HR At-Thabrani).

Disebutkan juga dalam hadis lain bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda, "Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, mukanya berdebu, menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, "Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!" Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu?" (HR Muslim).

3.  Mengikis Keimanan Pelakunya

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda, "Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin." (HR Bukhari Muslim).

4.  Mencampakkan Pelakunya ke Neraka

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda, "Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya." (HR At Tirmidzi).

5.  Mengeraskan Hati

Imam Ahmad pernah ditanya, apa yang harus dilakukan agar hati mudah menerima kesabaran, maka beliau menjawab, "Dengan memakan makanan halal." (Thabaqat Al Hanabilah : 1/219).
At Tustari, seorang mufassir juga mengatakan, "Barangsiapa ingin disingkapkan tanda-tanda orang yang jujur (shiddiqun), hendaknya tidak makan, kecuali yang halal dan mengamalkan sunnah," (Ar Risalah Al Mustarsyidin : hal 216).
 
 
 








Seputar Islam Lainnya
Cara Makan Ala Rasulullah SAW Agar Lebih Berkah
Cara Makan Ala Rasulullah SAW Agar Lebih Berkah

Ayah Bunda, siapa yang tak kenal kepribadian Rasulullah. Rasulullah merupakan suri tauladan bagi umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Apapun yang beliau lakukan atau perintahkan senantiasa membawa kebaikan. Dari urusan yang besar, hingga persoalan ringan terkait keseharian.
Hukum Menggunakan Parfum Bagi Wanita
Hukum Menggunakan Parfum Bagi Wanita

Ayah Bunda, parfum merupakan salah satu perangkat berhias. Tidak hanya digunakan untuk kaum perempuan, laki-laki juga terbiasa menggunakan parfum untuk menyempurnakan penampilan.
4 Hal yang Harus Disiapkan di Bulan Ramadhan
4 Hal yang Harus Disiapkan di Bulan Ramadhan

Ayah Bunda, tak terasa Ramadhan sebentar lagi tiba. Bagaimana pun keadaan kita, apakah kita siap atau tidak siap, maka bulan Ramadhan pastilah akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, karena dengan persiapan tentu saja hasilnya akan lebih baik. Berbicara tentang persiapan, apa yang mesti kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan. Berikut beberapa persiapan yang harus kita persiapkan, yaitu:
5 Keutamaan Mengucapkan Bismillah
5 Keutamaan Mengucapkan Bismillah

Ayah Bunda, bismillah merupakan kalimat yang biasa didengar bahkan mudah sekali mengucapkan kalimat “bismillah”. Tapi tahukah Ayah Bunda di balik kalimat “bismillah” tersebut terdapat banyak keutamannya? Yuk kita simak
Produk Pilihan
Rekomendasi Blog
Megahnya Pagelaran Risalah Cinta
Kamis, 15 Desember 2016 07:18 WIB

Pada tanggal 11 Desember 2016 diadakan dzikir drama yang diselenggarakan oleh Sygma Daya Insani dan Teater Menara Salman ITB. Acara yang bertemakan mencintai Allah, Al Quran, dan Rasulnya ini mendapat antusias yang cukup tinggi di Kota Bandung. Hal ini terbukti dengan hadirnya 1000 orang yang menonton.