Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Amalan di Malam Nisfu Sya’ban

Amalan di Malam Nisfu Sya’ban

Ayah Bunda, setelah kita mengetahui keshahihan dari hadist mengenai malam nisfu sya’ban, kini kita membahas mengenai amalan di malam Nisfu Sya’ban.

Taruhlah hadits keutamaan malam nisfu Sya’ban itu shahih, bukan berarti dikhususkan amalan khusus pada malam tersebut seperti kumpul-kumpul di malam nisfu Sya’ban dengan shalat jama’ah atau membaca Yasin atau do’a bersama atau dengan amalan khusus lainnya.
 
Karena mengkhususkan amalan seperti itu harus dengan dalil. Kalau tidak ada dalil, berarti amalan tersebut mengada-ada.
 
Walau sebagian ulama ada yang menganjurkan shalat di malam nisfu Sya’ban. Namun shalat tersebut cukup dilakukan seorang diri.
 
Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Mengenai shalat malam di malam Nisfu Sya’ban, maka tidak ada satu pun dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya. Namun terdapat riwayat dari sekelompok tabi’in (para ulama negeri Syam) yang menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan shalat.”
 
Ibnu Taimiyah ketika ditanya mengenai shalat Nisfu Sya’ban, beliau rahimahullah menjawab, “Jika seseorang shalat pada malam nisfu sya’ban sendiri atau di jama’ah yang khusus sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian salaf, maka itu suatu hal yang baik. Adapun jika dilakukan dengan kumpul-kumpul di masjid untuk melakukan shalat dengan bilangan tertentu, seperti berkumpul dengan mengerjakan shalat 1000 raka’at, dengan membaca surat Al Ikhlas terus menerus sebanyak 1000 kali, ini jelas suatu perkara bid’ah, yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulama.” (Majmu’ Al-Fatawa, 23: 131)
 
Ibnu Taimiyah juga mengatakan, “Adapun tentang keutamaan malam nisfu Sya’ban terdapat beberapa hadits dan atsar, juga ada nukilan dari beberapa ulama salaf bahwa mereka melaksanakan shalat pada malam tersebut. Jika seseorang melakukan shalat seorang diri ketika itu, maka ini telah ada contohnya di masa lalu dari beberapa ulama salaf. Inilah dijadikan sebagai pendukung sehingga tidak perlu diingkari.” (Majmu’ Al-Fatawa, 23: 132)
Malam Nisfu Sya’ban sama dengan Malam Lainnya
 
Kalau kita biasa shalat tahajud di luar nisfu Sya’ban, nilainya tetap sama dengan shalat tahajud di malam nisfu Sya’ban.
 
‘Abdullah bin Al Mubarak rahimahullah pernah ditanya mengenai turunnya Allah pada malam Nisfu Sya’ban, lantas beliau pun memberi jawaban pada si penanya, “Wahai orang yang lemah! Yang engkau maksudkan adalah malam nisfu Sya’ban?! Perlu engkau tahu bahwa Allah itu turun di setiap malam (bukan pada malam nisfu Sya’ban saja, -pen).” Dikeluarkan oleh Abu ‘Utsman Ash Shobuni dalam I’tiqod Ahlis Sunnah (92).
 
Al ‘Aqili rahimahullah mengatakan, “Mengenai turunnya Allah pada malam nisfu Sya’ban, maka hadits-haditsnya itu layyin (menuai kritikan). Adapun riwayat yang menerangkan bahwa Allah akan turun setiap malam, itu terdapat dalam berbagai hadits yang shahih. Ketahuilah bahwa malam nisfu Sya’ban itu sudah termasuk pada keumuman hadits semacam itu, insya Allah.” Disebutkan dalam Adh Dhu’afa’ (3/29). (Lihat Fatwa Al Islam Sual wa Jawab, no. 49678)
Cukup Perbanyak Amalan Puasa di Bulan Sya’ban
 
Kalau mau meraih kebaikan, bisa diraih dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban. ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,
 
“Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)
Yang Punya Utang Puasa Ramadhan Segera Lunasi
 
    Bagi yang punya utang puasa Ramadhan, segeralah dilunasi karena bulan Sya’ban adalah bulan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan.
 
Dari Abu Salamah, beliau mengatakan bahwa beliau mendengar ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan,
“Aku masih memiliki utang puasa Ramadhan. Aku tidaklah mampu mengqodho’nya kecuali di bulan Sya’ban.” Yahya (salah satu perowi hadits) mengatakan bahwa hal ini dilakukan ‘Aisyah karena beliau sibuk mengurus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146)
Perbanyak Pula Amalan Bacaan Al-Qur’an di Bulan Sya’ban
 
Salamah bin Kahil berkata,
“Dahulu bulan Sya’ban disebut pula dengan bulan membaca Al Qur’an.”
‘Amr bin Qois ketika memasuki bulan Sya’ban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Al Qur’an.
 
Abu Bakr Al Balkhi berkata,
 
“Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya’ban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil.” (Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 92748)
 
Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.
 
Sumber:  Rumaysho.Com








Kisah Hikmah Lainnya
Keutamaan Bulan Sya’ban
Keutamaan Bulan Sya’ban

Alhamdulillah dengan masuknya Bulan Sya’ban, itu menandakan bulan depan kita telah memasuki bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim yaitu Bulan Ramadhan. Bulan Sya'ban juga termasuk salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam. Seperti apa keutamaan Bulan Sya’ban?
Di Balik 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional
Di Balik 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional

Siapa yang tak kenal dengan Ki Hajar Dewantara? Beliau adalah bapak pendidikan Nasional di Indonesia. Setiap tanggal 2 Mei pun, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kenapa harus tanggal 2 Mei? Ternyata, tanggal 2 Mei merupakan hari lahir Ki Hajar Dewantara.
Kisah Nabi Ya’kub: “Hati yang Menang adalah hati yang diliputi keimanan”
Kisah Nabi Ya’kub: “Hati yang Menang adalah hati yang diliputi keimanan”

Ayah Bunda, Mengatakan diri beriman tentu tidak sulit. Namun, membuktikannya butuh perjuangan sekaligus pengorbanan. Seperti yang kita ketahui, Allah tidak mungkin memberikan cobaan diluar kemampuan hambaNya. Cobaan yang paling berat adalah cobaan para Nabi, seperti kisah Nabi Ya’kub berikut ini.
Kesaksian Korban Bom Gas Kimia di Suriah
Kesaksian Korban Bom Gas Kimia di Suriah

Ayah Bunda, serangan demi serangan di alami oleh saudara kita di Suriah. Pasukan pro pemerintah dan oposisi saling menyerang untuk pertahananan diri. Seperti yang kita ketahui, Suriah di serang kembali tetapi kali ini serangannya lebih dahsyat, yaitu serangan gas kimia. Seperti apa kisahnya? Yuk kita simak. Setelah disimak, jangan lupa doa dan salurkan bantuan Ayah Bunda.
Produk Pilihan
Rekomendasi Blog
Doa Minta Kaya dan Lunas Hutang Sesuai Sunnah
Rabu, 21 September 2016 03:09 WIB

Ayah Bunda, beberapa do’a berikut bisa diamalkan dan bermanfaat. Berisi permintaan kaya dan lepas dari utang. Namun tentu saja kaya yang penuh berkah, bukan sekedar perbanyak harta. Apalagi hakekat kaya adalah diri yang selalu merasa cukup.