Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!

Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI).
 
8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.
 
Adanya HAI ini diharapkan muncul kesadaran dari para pemimpin negara dan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya individu yang buta aksara. Selain itu juga dapat muncul beragam program atau proyek yang akan memberantas buta aksara di seluruh dunia.
 
Menurut Global Monitoring Report on Education for All yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2006, daerah Asia Barat dan Selatan memiliki tingkat keaksaraan orang dewasa terendah (58,6%), diikuti oleh Sub-Sahara Afrika (59,7%), dan daerah Arab (62,7%).
 
Negara-negara dengan melek huruf terendah di dunia adalah Burkina Faso (12,8%), Nigeria (14,4%) dan Mali (19%). Dari laporan ini menunjukkan hubungan yang jelas antara tingkat buta huruf yang rendah di sebuah negara, dengan kemiskinan di negara tersebut.
 
Perayaan HAI di Indonesia dipusatkan secara bergilir di setiap provinsi. Pada tahun ini, Palu, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah untuk perayaan HAI ke-51 dengan tema “Aksara untuk Pembangunan Lingkungan”. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan memberi inspirasi untuk kualitas pendidikan keaksaraan sebagai pondasi pemberdayaan masyarakat.
 
Tema ini selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO Literacy and Suistainable Societies atau Keaksaraan untuk Masyarakat Berkelanjutan. Pesan dari tema ini adalah menunjukkan bahwa keaksaraan bukan sekadar prioritas pendidikan, tapi merupakan investasi yang penting bagi masa depan yang berkesinambungan.
               
Sumber: student.cnnindonesia.com








Inspirasi Lainnya
Garam Mengandung Serpihan Kaca? Ini Keterangannya
Garam Mengandung Serpihan Kaca? Ini Keterangannya

Ayah Bunda, tersiar kabar bahwa dalam gambar ada campuran serpihan kaca. Apakah benar? Apakah ini penyebab garam ekspor dari luar? Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya menegaskan informasi adanya garam tercampur dengan serpihan kaca di wilayah itu yang beredar di media sosial akhir-akhir ini adalah kabar bohong atau hoax. Kepala BPOM Surabaya Dra Apt Hardaningsih mengatakan, pihaknya telah mengambil contoh dan melakukan pengujian laboratorium dan tidak ada satupun pruduk garam konsumsi kemasan 250 gram di pasaran Jawa Timur yang mengandung serpihan kaca.
Ternyata Pramuka Lahir Dari Pemikiran Inggris
Ternyata Pramuka Lahir Dari Pemikiran Inggris

Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia. Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional.
Besok Hari Veteran Nasional. Apa Itu Hari Veteran Nasional?
Besok Hari Veteran Nasional. Apa Itu Hari Veteran Nasional?

Bulan Agustus terkenal dengan hari kemerdekaan Indonesia. Tapi tahukah Ayah Bunda kalau tanggal 10 Agustus adalah hari Veteran Nasional? Veteran adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Jangan Diremehkan, Pemakai Psikotoprika Dapat Menyebabkan Kematian. Apa Itu Psikotoprika?
Jangan Diremehkan, Pemakai Psikotoprika Dapat Menyebabkan Kematian. Apa Itu Psikotoprika?

Pergaulan bebas dapat berefek negatif. Salah satu efek negative dari pergaulan bebas yang akan di bahas adalah psikotoprika. Apa itu psikotoprika? Psikotropika adalah suatu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.
Produk Pilihan
Rekomendasi Blog
10 Tujuan Istimewa Raja Salman ke Indonesia
Senin, 27 Februari 2017 09:28 WIB

Ayah Bunda, sejak dua minggu terakhir, media-media Indonesia menyorot persiapan kunjungan Raja Salman ke Indonesia, yang konon istimewa dan luar biasa. Hampir semua kunjungan Raja Saudi ke sebuah negara, persiapannya memang begitu. Kunjungan Raja Salman ke Indonesia awal Maret 2017 memang memiliki keistimewaan tertentu, sebagai berikut: